10 Tips Solo Traveling Kemana Aja

Bagi sebagian orang, solo traveling merupakan hal menyenangkan. Sebuah pengalaman seru sekaligus menantang. Bisa memutuskan kemana saja tujuan yang diinginkan, serta tidak dibatasi oleh rencana individu lain.

Disampang itu, Anda pun dapat berinteraksi dengan orang baru, bahkan memperoleh kawan baru saat melakukan solo traveling. Sebelum petualangan dimulai, sebaiknya Kamu harus mempersiapkan berbagai hal yang terkait dengan traveling. Perluas wawasan dan cermati sebelum Kalian jalan-jalan. Berikut beberapa tips traveling solo kemana aja yang direkomendasikan:

  1. Izin dan selalu komunikasi dengan keluarga atau teman Anda, dukungan mereka penting. Buatlah daftar jadwal perjalanan dan memberikan salinannya, beritahu mereka segera jika ada perubahan jadwal. Hal ini agar keluarga atau kawan Kamu tahu tetap memantau dan dapat melacak keberadaanmu jika terjadi sesuatu (mudah-mudahan tidak). Jangan pernah mengabaikan hal tersebut.
  2. Finansial aka keuangan. Simpanlah uang di tempat yang aman. Keluarkan uang secukupnya saja, uang yang lain disimpan pada tempat yang aman, termasuk kartu bank. Jangan mengeluarkan semua uang yang Anda miliki, apalagi mengitungnya didepan orang umum atau orang tidak dikenal. Tips, jangan menempatkan sesuatu yang berharga di satu tempat yang sama. Tempatkanlah acak berbeda lokasi.
  3. Item apa saja yang perlu Anda bawa ketika traveling. Tentu saja uang tunai, kartu identitas, kartu bank, paspor (bila liburan ke luar negeri), tiket, pensil, buku jurnal, peta map kertas, kompas, charger (smartphone, kamera, drone) serta lainnya. Bawalah pakaian ganti, jaket, topi, sandal, sepatu, toiletries kit, medicine kit, dan lain-lain. Termasuk makanan ringan dan minuman secukupnya.
  4. Gadget yang membantu ketika traveling diantaranya universal plug adapter, powerbank, charger ponsel, gps, kamera, drone, dan laptop. Bawalah baterai gadget cadangan lebih dari satu buah (action camera, mirrorless/dslr, drone), akan lebih leluasa. Memudahkan Anda untuk berkomunikasi baik itu telpon, internet, dan dokumentasi perjalanan dalam bentuk tulisan, foto ataupun video.
  5. Gunakan tas backpacker besar dan tas kecil. Packing penempatan barang yang mudah diingat dan dijangkau apabila diperlukan. Jadi sampai salah memasukkan yang seharusnya sudah tepat, jangan dipindah-pindah lagi. Pastikan semua item barang bawaan sudah masuk didalam tas, daftar catatan dicek lagi dan lagi. Tips, tas kecil selalu menempel dengan Kamu, bila diisi item penting.
  6. Perluas wawasan Anda tentang daerah destinasi yang akan dituju dan obyek wisatanya, baik itu dari membaca buku travel maupun media online mempunyai kredibilitas terpercaya. Selain itu, juga ketahui bagaimana adat istiadat budaya daerah setempat, kearifan lokal dan patuhi tata tertit aturan. Jadi sebelum melakukan perjalanan sendiri, sebaiknya pelajari dan pahami literasi tentang traveling.
  7. Ketahui juga cuaca suatu daerah yang akan dikunjungi, apakah bersahabat atau tidak. Pantau terus update prakiraan cuaca terbaru. Sehingga Kamu nyaman saat menikmati solo traveling. Jadi Anda bisa memperkirakan tema wisata apa yang sesuai dengan musimnya, misal saat hujan atau kemarau bagusnya kemana. Paling tepat pilihannya scuba diving, snorkeling, trekking, mendaki gunung, mengunjungi museum, tempat bersejarah, pantai, air terjun, dan banyak lagi.
  8. Tentu saja jangan pernah memberi tahu kepada orang lain yang belum Anda kenal bahwa Kamu sedang melakukan solo traveling. Mengatakan seperti itu, agar terhindar dan tidak terjadi sesuatu yang berbahaya terhadap diri Anda. Bagaimana jika mereka bertanya, jawab saja bahwa Anda sedang menunggu keluarga/teman yang akan datang atau katakan Anda tengah pergi bersama kelompok.
  9. Jangan berbusana mencolok atau hindari penggunaan pakaian yang menarik perhatian banyak orang ataupun memakai baju yang tidak sesuai dengan tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Yang santai saja, jangan salah berkostum pula. Disamping itu, jangan juga mengenakan perhiasan mahal atau menampakkan barang berharga. Agar terhindar dari kejahatan yang mengintai.
  10. Tidak menerima paket apapun dari orang lain, termasuk makanan dan minuman. Jadi berhati-hatilah. Di tempat umum jangan sampai terlalu sering memperlihatkan gadget mahal, seperti ponsel, kamera ataupun lainnya. Selalu waspada, kejahatan bisa mengintai kapan saja. Gunakan gadget saat diperlukan saja, jika tidak dibutuhkan lebih baik simpanlah gadget di dalam tas atau tempat tertutup.

Itulah tips solo traveling kemana aja. Semoga bermanfaat dan membantu. Happy nice day. 🙂